aksesorisantik

Selamat Datang di Website Kami

Pulau Mursala Tujuan Wisata Nasional January 25, 2012

Filed under: Obyek Wisata — Aksesoris Antik @ 8:45 am

Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional Marsekal Muda Jhonny FP Sitompul mengaku amat terpesona akan keindahan pulau-pulau di Tapteng, khususnya Pulau Muarsala. Pulau tersebut memiliki air terjun yang cukup unik karena berada di tengah samudera dan langsung mengalir ke lautan. Mursala berpotensi jadi tujuan wisata nasional.

“Keindahan alam pulau-pulau di Tapteng sungguh luar biasa, apalagi air terjun di Pulau Mursala yang menurut saya sangat unik dan menarik karena di tengah samudera luas yang sangat jauh dari daratan, ini sangat luar biasa.Keindahan ini dibarengi kejernihan air yang tepat di bawah air terjun ini. Kekayaan alam amat luar biasa ini mesti dijaga dan dilestarikan supaya seluruh dunia hingga ke anak cucu kita kelak bisa menikmatinya. Jika dikelola dengan baik, keindahan alam Pulau Mursala akan sangat berpotensi menjadi salah satu objek wisata unggulan di Indonesia,” kata Jhonny FP Sitompul di Pantai Kahona Kalangan usai berkunjung ke Pulau Putri dan melihat dari dekat keindahan air terjun Pulau Mursala, Minggu (15/1).

Saat meninjau Pulau Mursala dan pulau lainnya, Pangkohanudnas Marsekal Muda Jhonny didampingi Pangkosek Hanudnas III Medan Marsekal Pertama TNI Bonar Hutagaol dan Wabup Tapteng H Syukran J Tanjung SE.

Saat ditanya METRO,(grup sumutcbyer) apa upaya dari Kohanudnas, khususnya TNI AU untuk berpartisipasi menjaga kelestarian pulau-pulau indah di Tapteng, terutama dari aksi pembalakan liar dan illegal fishing yang marak belakangan ini di Pulau Mursala, JFP Sitompul mengaku, tidak bisa berbuat banyak. Sebab TNI AU tidak memiliki keterkaitan secara langsung.

“Kita tidak memiliki keterkaitan langsung dengan laut ataupun pulau-pulau. Yang bisa kami lakukan adalah melakukan upaya pengawasan dari udara. Namun saya mengimbau seluruh unsur TNI untuk turut serta menjaga dan mengawasi kelestarian alam di pulau-pulau di Tapteng ini khususnya dari dari illegal loging ataupun illegal fishing,” ujarnya.

“Apalagi tadi saya mendengar, belakangan ini terjadi aksi-aksi pembalakan liar di kawasan Pulau Mursala, di mana di antara pelaku sudah ada yang tertangkap. Ini mesti terus disikapi dan diantisipasi. Jika dibiarkan, keindahan alam seperti air terjun Pulau Mursala itu akan punah. Debit airnya akan terus berkurang akibat endapan air yang bisa dilakukan oleh pohon tidak berjalan dengan baik. TNI harus bisa berperan aktif dalam hal ini, karena menjaga seluruh wilayah RI adalah tugas utama TNI,” pungkasnya. Untuk diketahui, Pulau Mursala terletak pada 1,7º LU dan 98,5º BT dan termasuk wilayah Kecamatan Tapian Nauli, Tapteng. Luas Pulau Mursala sekitar 8.000 Ha, merupakan daerah perbukitan yang indah.

Di Pulau Mursala terdapat beberapa aliran sungai berbatu dengan aliran cukup deras yang mengalir membelah Pulau Mursala. Perairan Pulau Mursala dijadikan konservasi terumbu karang sedangkan Pulau Mursala berpeluang untuk dijadikan tempat wisata berburu dan resort. Jarak tempuh ke Pulau Mursala dari Kota Pandan maupun Kota Sibolga dengan speedboat sekitar 60 menit. Sementara kapal boat biasa dua jam.

Beberapa gugus pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Mursala seperti Pulau Silabu-labu Nagodang, Pulau Kalimantung Namenek, Pulau Jambe, dan Pulau Puti memiliki kekhasan tersendiri yang menambah keindahan wisata bahari Pulau Mursala. (ahu)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: